Featured Post

mengenal evaluasi pembelajaran dan ANBK pengganti UNBK

halo pembaca, selamat datang di blog ini 👋   Di masa kini sering kali evaluasi disamakan dengan ujian dan penilaian. Ujian pada kenyata...

Sunday, September 19, 2021

Tiga Alasan kenapa saya suka Aktivitas Blogging

 Dear Netizens

Dunia Blogging menarik bagi saya karena tiga alasan:

Pertama, Hobi saya adalah mengotak-atik kode-kode HTML karena sebelum saya bekerja sebagai Pengajar Bahasa Inggris, saya bercita-cita menjadi seorang webmaster. Kayaknya keren banget gitu. Dulu waktu awal kuliah di S1, saya pernah membeli beberapa buku tentang HTML dan Windows FrontPage yang sekarang entah kemana, tapi saya pusing melihat betapa rumitnya HTML seperti bahasa cacing kepanasan seperti ini <head> <body> </body> dan ditutup dengan </head>, dan masih banyak sintaks coding yang harus diatur. Pertama kali saya belajar tentang kode HTML adalah pengetahuan dari Jonru Ginting yaitu dasar-dasar HTML yang saya simpan di google drive pada file ini http://bit.ly/HTMLDASAR dan semakin terkesan dengan blog unik ARS PERSONALWEBLOG [V4.0]

Kemudian Alhamdulillah, lebih mudah untuk belajar fokus di Blogspot dengan akun gratis yang disediakan oleh www.blogger.com. Kemudian ketika saya mengajar di IAIN Salatiga, saya bertemu dengan Mas Nurul Azis, mahasiswa saya yang memperkenalkan saya dengan CMS wordpress.com dan WordPress self-hosted, dan Google Adsense. WordPress yang dihosting sendiri lebih indah daripada Blogspot. Ada ribuan plugin unggulan yang bisa diunduh di www.wordpress.org.

Kedua, Blogging adalah saran untuk belajar menulis, menampilkan dan berbagi pengetahuan kita. Ilmu tidak akan berkurang bahkan akan bertambah jika dibagikan. Kata Pak Onno W.Purbo, Bapak Internet Indonesia: "Share your knowledge, and it will be multiply.". Menulis juga upaya relaksasi pikiran dan perasaan. semacam wisata rohani karena bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada pembaca. Saya kebetulan seorang pengajar Bahasa Inggris; jika siswa ingin mengunduh materi, saya akan memberi tahu mereka, "Silakan kunjungi blog saya www.pakfaizal.com." Demikian pula, jika seseorang meminta saya untuk memberikan bantuan share pengetahuan jurnal ilmiah online, saya akan segera mengatakan, "Silakan kunjungi www.jihadisjurnal.com saya." Jadi, mereka tidak perlu lama-lama googling; semua informasi penting tersedia.

Ketiga, sekarang saya fokus lagi pada Google Adsense, dan ada dua cara agar Google Adsense di website dan Channel Youtube Anda. Yang pertama adalah melalui Blogging. Anda dapat memonetisasi blog Anda selama Anda memiliki situs web setidaknya berusia tiga sampai enam bulan dan memiliki setidaknya 50-100 artikel. Artikel tidak boleh copy paste tapi tulisan asli atau jika mengutip haris disebutkan sumbernya. Ada yang bilang minimal 300 kata, tapi ada juga yang bilang tidak ada batasan minimal, tapi makin panjang esainya makin bagus.

Idealnya, seribu pengunjung dengan seribu click akan mendapatkan satu dolar. Banyak blogger dapat memperoleh setidaknya 100 USD setiap bulan karena mereka memposting artikel menarik di blog mereka hampir setiap hari. Kemudian cara monetisasi yang kedua adalah melalui Youtube. Setidaknya Anda harus memiliki seribu pelanggan dan 4.000 jam penayangan oleh pemirsa selama 12 bulan. Untuk Channel Youtube, saya punya channel JihadisJurnal yang sudah memiliki seribu subscriber tapi baru 1.300 an jam tayangan video. Sepertinya yang lebih mungkin dikerjakan sekarang ini adalah Blog-Writing daripada mengembangkan Youtube Channel karena menyiapkan konten video setidaknya satu video setiap hari atau setidaknya lima video dalam seminggu cukup memakan waktu.

Demikian sedikit share saya tentang Tiga Alasan kenapa saya suka Aktivitas Blogging. semoga meng-inspirasi dan mengimpirasi alias menjadikan anda bermimpi dan berjuang untuk sukses didunia blog writing.


No comments:

Post a Comment